Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Pustakawan Belajar #6: Pelatihan Penulisan Artikel Features
Penulis : Bima Ridho Pratama, S.IP. Tanggal Publikasi : 18 January 2024

Program Pustakawan Belajar kembali diadakan Perpustakaan UMY. Pustakawan belajar yang diadakan pada Rabu (18/01) mengangkat tema “Pelatihan Penulisan Artikel Features”.  Tema yang diangkat pada pustakawan belajar #6 didasarkan untuk menambah pengetahuan pustakawan Perpustakaan UMY terkait kepenulisan. Hal tersebut karena beberapa pustakawan Perpustakaan UMY yang tergabung dalam kelompok pengabdian “Kedung Keris” dituntut untuk mengeluarkan output sebuah buku. Buku yang akan dikeluarkan tersebut membahas mengenai cerita dan budaya yang berkembang di Kelurahan Kedung Keris, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul.

Pustakawan Belajar #6 menghadirkan seorang narasumber yang merupakan seorang yang ahli di bidang kepenulisan. Fadmi Sustiwi atau yang akrab dipanggil dengan Mbak Niniek menjadi narasumber pada Pustakawan Belajar #6. Mbak Niniek emiliki karir panjang dalam bidang jurnalistik, salah satunya menjadi jurnalis Koran Kedaulatan Rakyat.  Selain itu, terdapat beberapa buku yang merupakan hasil karya dari Mbak Niniek dimana salah satunya berjudul Din Syamsuddin: Dari Sumbawa Untuk Dunia.

Pustakawan UMY pada Pustakawan Belajar #6 berkesmpatan untuk belajar mengenai penulisan feature. Tidak hanya mendapat materi secara teori, sebanyak 13 orang pustakawan dan non-pustakawan Perpustakaan UMY berkesempatan untuk praktik secara langsung. Sebelumnya, pustakawan dan non-pustakawan Perpustakaan UMY diminta untuk menuliskan sebuah artikel yang terdiri dari 200-250 kata dengan tema kegiatan menarik sehari-hari. Hasilnya, karya yang ditulis oleh pustakawan dan non-pustakawan terdapat peningkatan apabila dibandingkan antara karya sebelum dan karya setelah mengikuti program Pustakawan Belajar #8. Peningkatan tersebut didasarkan atas penilaian yang diberikan oleh Mbak Niniek terhadap setap karya dari peserta yang hadir.

Information