Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Kepuasan Stakeholder Perpustakaan UMY Menunjukkan Hasil Positif
Penulis : Aidilla Qurotianti Tanggal Publikasi : 19 January 2024

Peran penting dari sebuah perpustakaan yaitu memberikan layanan yang prima untuk mendukung kegiatan akademis dan penelitian bagi para pengguna. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk mengevaluasi dan meningkatkan layanan yang telah disediakan yaitu dengan melakukan survei kepuasan pengguna. Survei Kepuasan Stakeholder Perpustakaan UMY dilaksanakan dengan tujuan agar dapat mengumpulkan informasi langsung dari pengguna tentang berbagai aspek layanan yang disediakan di perpustakaan.

Survey kepuasan dilakukan pada September 2023 hingga Januari 2024 dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui Google Form dan WA Blast kepada seluruh civitas akademika UMY. Metode ini dipilih untuk memudahkan akses dan partisipasi responden dalam memberikan umpan balik terkait dengan penilaian dari berbagai aspek layanan di Perpustakaan UMY.

Hasil survei menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi pada empat aspek layanan, yaitu: waktu operasional, ketersediaan ruangan, koleksi buku, kualitas pelayanan, dan kegiatan di Perpustakaan UMY. Sebagian besar responden menyatakan kepuasan mereka dengan jam operasional perpustakaan, dengan penilaian rata-rata mencapai 83,95%. Pada aspek ketersediaan ruangan didapatkan kepuasan pengguna mencapai 85,7%, meskipun terapat beberapa saran untuk meningkatkan kenyamanan ruang baca. Selanjutnya pada aspek koleksi buku dan kualitas pelayanan diperoleh tingkat kepuasan sebesar 77,7%, sementara program dan kegiatan perpustakaan mendapat respons positif dengan tingkat kepuasan sebesar 70,6%.

Berdasarkan hasil survei, perpustakaan UMY berencana untuk melakukan beberapa perbaikan dan pengembangan. Hal ini termasuk peningkatan kenyamanan dan fasilitas di ruang baca, pembaruan koleksi buku, peningkatan promosi kegiatan, serta pelaksanaan survei kepuasan secara berskala.

Pelaksanaan survei ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan mengenai kepuasan pada stakeholder dan dapat menjadi umpan balik yang sangat bermanfaat untuk perbaikan dan pengembangan layanan di Perpustakaan UMY pada masa mendatang.

Information