Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Menguatkan Kembali Pemahaman Pustakawan Mengenai Aplikasi NVIVO
Penulis : Bima Ridho Pratama, S.IP. Tanggal Publikasi : 25 January 2024

Perpustakaan UMY kembali mengadakan kegiatan Perpustakaan Belajar. Pada kesempatan kali ini, kegiatan Perpustakaan Belajar difokuskan untuk pustakawan yang ditugaskan untuk melayani konsultasi pemustaka terkait olah data. Kegiatan Perpustakaan Belajar dimulai pada pukul 09:00 hingga 15:00 dengan materi pembelajaran aplikasi NVIVO. Materi pembelajaran NVIVO disampaikan oleh Saudara Misran. Penyampaian materi dibagi menjadi dua sesi, dimana sesi pertama dilakukan pada pukul 09:00 – 11:30 dan sesi kedua pada pukul 13:00 – 15:00.

Materi pembelajaran pada sesi pertama digunakan untuk menguatkan pemahaman pustakawan mengenai aplikasi NVIVO. Materi yang diberikan membahas mengenai cara pengolahan sumber primer pada penelitian kualitatif. Saudara Misran memberikan pemaparan mengenai cara yang digunakan untuk mengolah data hasil wawancara. Hasil wawancara merupakan salah satu sumber primer dalam penelitian kualitatif.

Pembelajaran pada sesi kedua digunakan untuk menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh pustakawan. Salah satu pustakawan, Eko Kurniawan, menanyakan kepada pemateri mengenai cara mengolah data yang didapat dari portal online dengan menggunakan aplikasi NVIVO. Saudara Misran selaku pemateri tidak hanya menjelaskan secara teori saja, tetapi juga mempraktikan. Praktik yang dilakukan oleh pemateri juga diikuti pustakawan. Selain pertanyaan yang diajukan oleh Saudara Eko Kurniawan, terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan oleh pustakawan lain. Mengingat untuk waktu yang tidak cukup menjawab dan mempraktikan mengenai pertanyaan-pertanyaan tersebut, Pustakawan Belajar aplikasi NVIVO akan dilanjutkan kembali pada hari Sabtu, 27 Januari 2024.

Information