Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
FGD Pengabdian Gunung Kidul
Penulis : Bima Ridho Pratama, S.IP. Tanggal Publikasi : 09 February 2024

Gunung Kidul, 06 Februari 2024 - Pada Selasa kemarin, 06 Februari 2024, Tim Pengabdian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang terdiri dari lima pustakawan bersama Kepala Perpustakaan UMY, Novy Diana Fauzie, SS., MA, melaksanakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) di Kantor Kelurahan Kedung Keris, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul.

Sebelum memulai FGD, tim pengabdian UMY disambut dengan hangat oleh Lurah Kedung Keris, Rusdi Martono. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya tim pengabdian untuk mengumpulkan informasi mengenai tradisi dari Kelurahan Kedung Keris. Narasumber yang dihadirkan dalam FGD berasal dari sesepuh desa dan pemerhati budaya setempat.

Lurah Kedung Keris membuka acara dengan sambutan, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Perpustakaan UMY, Novy Diana Fauzie, SS., MA. Selanjutnya, ketua tim pengabdian, Muhammad Erdiansyah CA., SIP., atau yang akrab disapa Erik, menyampaikan gagasan terkait penulisan buku "Tradisi Kedung Keris". Salah satu poin penting yang diungkapkan adalah pengumpulan informasi terkait tradisi-tradisi yang akan dicantumkan dalam buku tersebut.

Antusiasme narasumber terlihat saat memberikan tanggapan, mengapresiasi niat baik tim pengabdian UMY yang berusaha mengemas ulang informasi mengenai Tradisi Kedung Keris. Setelah ishoma, acara dilanjutkan dengan kegiatan wawancara oleh anggota tim pengabdian yang terbagi untuk melakukan pengembangan informasi yang telah dikumpulkan sebelumnya.

Sebelum pelaksanaan FGD, pada 20 Januari 2024, tim pengabdian melakukan kunjungan ("sowan") ke kediaman Saudara Joko Siyono, seorang pemerhati budaya di wilayah Gunung Kidul dan penulis buku "Tumaritis". Buku tersebut telah menjadi salah satu sumber pegangan awal bagi tim pengabdian dalam mengumpulkan informasi awal terkait sejarah, tradisi, dan kebudayaan di wilayah Kedung Keris.

Dengan tekad kuat dan semangat untuk melestarikan dan menggali kembali tradisi yang mungkin terlupakan, Tim Pengabdian UMY melalui kegiatan FGD ini berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan dan pelestarian kekayaan budaya di Kelurahan Kedung Keris, Gunung Kidul.

Information